A.  Tujuan Praktikum

1.    Mampu menerapkan konsep polimorfisme dalam pemograman.



B.  Alat dan Bahan Praktikum

1.    Personal Computer

2.    Aplikasi NetBeans



C.  Teori Singkat

Polimorfisme digunakan untuk menyatakan suatu nama yang merujuk pada beberapa fungsi yang berbeda (Sinaga, 2004). Pada polimorfisme, rujukan dapat dilakukan pada berbagai tipe objek. Hal ini dilakukan karena setiap objek dimungkinkan diperhatikan hal-hal sebagai berikut (Rickyanto, 2005):

-         Method yang dipanggil harus melalui variabel dari super class.

-      Method yang dipanggil juga harus merupakan method yang ada pada super class

-         Signature method harus sama baik yang ada pada super class maupun di subclass

-         Method access attribute pada subclass tidak boleh lebih terbatas daripada yang ada pada superclass



D.  Langkah Kerja

Contoh 1:

Program berikut ini merupakan program untuk membangun class kendaraan. Pada class kendaraan mewaris ke tiga class, yaitu class pesawat, mobil, dan kapal.

1.    Buatlah project baru dengan nama Transportasi.






2. Buat file java class baru dengan nama “Kendaraan” di package transportasi.






3.    Sesuaikan source code di file kendaraan.java dengan gambar berikut:






4.    Buat file java class baru dengan nama “Pesawat” di package transportasi.






5.    Sesuaikan source code di file pesawat.java dengan gambar berikut:








6.    Buat file java class baru dengan nama “Mobil” di package transportasi.






7.    Sesuaikan source code di file mobil.java dengan gambar berikut:






8.    Buat file java class baru dengan nama “Kapal” di package transportasi.






9.    Sesuaikan source code di file kapal.java dengan gambar berikut:






10.       Sesuaikan source code di file Transportasi.java dengan gambar berikut:






11.  Jalankan file Transportasi.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:






Contoh 2:

1.    Buatlah project baru dengan nama Polimorphism.






2.    Sesuaikan source code di file Polimorphism.java dengan gambar berikut:








3.    Jalankan filePolimorphism.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:






Contoh 3:

1.    Buatlah project baru dengan nama TesPoligon.






2.    Buat file java class baru dengan nama “Poligon” di package tespoligon.






3.    Sesuaikan source code di file Poligon.java dengan gambar berikut:






4.    Buat file java class baru dengan nama “Lingkaran” di package tespoligon.







5.    Sesuaikan source code di file Lingkaran.java dengan gambar berikut:




6.    Buat file java class baru dengan nama “SegiEmpat” di package tespoligon.






7.    Sesuaikan source code di file SegiEmpat.java dengan gambar berikut:






8.    Buat file java class baru dengan nama “Segitiga” di package tespoligon.






9.    Sesuaikan source code di file Segitiga.java dengan gambar berikut:








10. Sesuaikan source code di file TesPoligon.java yang sudah dibuat sebelumnya  dengan gambar berikut:






11. Jalankan file TesPoligon.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:







E.   Evaluasi dan Penugasan

1. Buatlah sebuah program yang mengimplementasikan konsep polymorphisme dari sebuah class dengan nama class hewan.

    a.  Buatlah project baru dengan nama Evaluasi.




 

      b. Sesuaikan source codenya seperti gambar berikut:




      

c. Jalankan file Evaluasi.java, maka hasilnya sebagai berikut:




F. Kesimpulan
      Polimorfisme adalah konsep dimana terdapat banyak class yang memiliki signature method yang sama. Implementasi dari method-method tersebut diserahkan kepada tiap class, akan tetapi cara pemanggilan method harus sama. Agar kita dapat ‘memaksakan signature method yang sama pada banyak class, class tersebut harus diturunkan dari sebuah abstract class atau object interface.