A. Tujuan
1. Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami
konsep OOP.
2. Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu
menggunakan dan memahami pembuatan program sederhana menggunakan IDE Netbeans.
B. Alat dan
Bahan
1. Personal Computer
2. Aplikasi Netbeans
C. Teori
Singkat
Pengenalan
OOP
1.
Objek
Objek
adalah kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu
sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi.
2.
Kelas
Kelas
adalah pemodelan dari objek yang berisi informasi (aturan) tentang sifat
karakteristik (data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki oleh pbjek
tersebut.
3.
Instance
Instans
adalah Perwujudan
Dalam
istilah pemrograman, objek merupakan instans (perwujudan) dari suatu kelas.
Instansiasi adalah proses perwujudan kelas menjadi objek.
4.
Data ßàVariabel ßàProperty
Data
adalah sifat karakteristik yang dimiliki oleh objek. Data juga dianalogikan
sebagai variabel, property, atau atribut.
5.
Method ßà Prosedur/Fungsi ßà Behaviour
Method
adalah prosedur atau fungsi yang dimiliki oleh suatu objek. Method juga
dianalogikan sebagai prosedur, fungsi, atau
behaviour.
D. Langkah
Kerja
MamaliaDarat.java
1.
Buka
program aplikasi NetBeans
2.
Buat
Project baru dengan nama “MamaliaDarat”.
3.
Perbaiki
source code pada file MamaliaDarat.java menjadi seperti gambar berikut:
4.
Jalankan
program, sehingga hasilnya menjadi seperti gambar berikut:
DemoMatematika.java
1.
Buatlah
project baru dengan nama “DemoMatematika”
2.
Sesuai
source code file DemoMatematika.java menjadi seperti gambar berikut:
3.
Jalankan
program, sehingga hasilnya menjadi seperti gambar berikut:
DemoKonversiSuhu.java
1.
Buatlah
project baru dengan nama “DemoKonversiSuhu”.
2.
Sesuaikan
source code file DemoKonversiSuhu.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
3.
Jalankan
program tersebut, sehingga akan tampil keluaran seperti gambar berikut:
E. EVALUASI
DAN PENUGASAN
1. Buatlah sebuah program yang dapat
menampilkan ikon beberapa negara dengan berpanduan kepada program
“MamaliaDarat”!
Contoh:
Negara
|
Ciri Khas
|
Indonesia
|
Candi Borobudur
|
Mekkah
|
Ka’bah
|
Malaysia
|
Menara Kembar
|
China
|
Tembok Besar China
|
India
|
Tajmahal
|
- Buatlah project baru
dengan nama “CiriKhasNegara” klik
finish
- Sesuaikan source
code file CiriKhasNegara.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian Jalankan program tersebut dengan klik Run
file, sehingga akan tampil keluaran seperti
gambar berikut:
2. Buatlah sebuah program konversi untuk mata
uang, Rupiah ke Dollar dan Dollar ke Rupiah!
- Buatlah project baru
dengan nama “KonversiMataUang”
- Sesuaikan source
code file KonversiMataUang.java menjadi seperti gambar di bawah ini:
- Kemudian Jalankan program tersebut dengan klik Run
file, sehingga akan tampil keluaran seperti
gambar berikut:
F. Kesimpulan
Pembuatan program dengan Netbeans IDE
ini lebih memudahkan kita, karena kita tinggal melengkapi programnya saja
tetapi yang harus diperhatikan kita harus benar-benar teliti mengetikkan source
codenya karena apabila ada yang tertinggal ataupun salah dalam mengetikkannya
maka programnya akan merah dan tidak bisa dijalankan.